Diantara 2 sistem penggerak tersebut ternyata memiliki kenggulan dan kelemahan masing - masing tersendiri, FWD sangat baik dalam akselerasi jalan aspal sedangkan RWD tangguh ketika melewati jalan berat misalnya jalan
tanjakan yang licin.
Sistem Penggerak FWD (Front Wheel Drive)
Pengertian dari FWD atau Front Wheel Drive adalah sistem penggerak mobil dengan menggunakan roda depan, tidak menggunakan gardan karena mesin ditempatkan langsung di atas roda, seperti VW kodok jika menggunakan FWD harus menggunakan gardan. Sebagian besar mesin mobil berada di depan.
Keunggulan FWD:
1. Lebih cepat berakselerasi untuk aspal.
2. Lebih efisien, tenaga tidak banyak terbuang.
3. Bobot kendaraan ringan.
Kelemahan FWD:
1. Untuk jalan tanah / off road kurang bagus karena penggerak depan sering selip.
2. Konstruksi mesin rumit karena gabung dengan sistem penggerak .
3. Kekuatan dalam membawa beban kurang bagus.
4. Radius putar lebih luas. Hal ini membutuhkan ruang yang luas untuk berputar.
Sistem Penggerak FWD lebih cocok untuk mobil jenis city car, sedan dan mobil sport yang memerlukan akselerasi tinggi dan kelincahan di jalanan aspal, sedangkan untuk mobil jenis MPV kurang cocok menggunakan penggerak model FWD.
Sistem Penggerak RWD (Rear Wheel Drive)
Pengertian RWD / Rear Wheel Drive adalah sistem penggerak yang menggunakan roda belakang untuk menggerakkan mobil, RWD merupakan kebalikan dari penggerak FWD. Kebanyakan RWD memakai gardan,
Kelebihan dari penggunaan sistem RWD adalah:
1. Lebih tangguh untuk jalanan bermedan ekstrim misalnya medan tanah atau tanjakan, tidak gampang selip (kehilangan traksi).
2. Lebih tahan lama (tidak mudah rusak).
3. Radius putar mobil lebih kecil; mobil bisa berputar pada ruangan yang sangat sempit.
Kelemahan dari RWD adalah:
1. Akselerasi kurang, dibandingkan FWD.
2. Lebih cepat boros tenaga.
Sistem penggerak pada roda belakang sangat cocok digunakan untuk mobil berjenis MPV, Niaga, SUV dan Truck. Kurang cocok untuk mobil berjenis sport, sedan dan city car.
0 comments:
Post a Comment