Pernah lihat di Kota Malang taksi dalam bentuk Toyota Avanza dan Suzuki Ertiga. Jika dilihat kedua mobil memiliki kelemahan dan kelebihan seperti Suzuki Ertiga yang lebih baik dalam kenyamanan sedangkan Toyota avanza unggul dalam tenaga. Jadi taksi yang mengedepankan kenyamanan akan memilih ertiga, sedangkan taksi yang mengedepankan kehandalan mesin akan memilih avanza.
Ada beberapa anggapan mengenai penggunaan armada taksi yang berkembang, saat mobil dijadikan taksi:
1. Nilai kemewahan sebuah mobil menjadi berkurang.
2. Harga jual bekas menjadi turun.
3. Biaya operasional dapat ditekan.
Berikut ini beberapa keuntungan mobil menjadi taksi:
1. Mobil menjadi pasaran.
2. Harga sparepart lebih murah, stock spare part lebih banyak dan mudah didapat.
3. Teknisi semakin banyak.
Ketika sedang membeli mobil bekas taksi, ternyata memiliki masalah kalau tidak tahu. Karena kebanyakan perusahaan taksi yang telah menjual mobilnya biasanya pada odometer sudah mencapai ratusan ribu kilometer, atau secara prinsip sudah tidak layak pakai. Karena mobil memiliki usia pakai sendiri, seperti bola lampu yang dapat dipakai selama 1000 jam maka seperti itu pula sebuah mobil, maka pilihlah mobil dengan kilometer rendah saat hendak membeli mobil.
Perhatikan pula kilometernya biasanya taksi akan mejual mobilnya jika telah menempuh jarak sejauh 300 ribu kilometer. Prinsipnya semakin kecil angka kilometer di odometer maka semakin baik sebuah mobil, selain itu jangan lupa untuk selalu cek mobil dan test drive sebelum membeli. Jika mobil telah menyentuh kilometer diatas 200 ribu harganya akan semakin jeblok, angka kilometer sudah termasuk dalam mobil tua.
Dalam pemakaian normal sehari memakai 20 kilometer maka sebulan bisa mencapai 600 kilometer, maka dalam setahun mencapai 7200 kilometer. Untuk mencapai angka 100 ribu kilometer dibutuhkan waktu selama 14 tahun jika dalam sehari pemakaian untuk ke kantor (20 kilometer). Tapi berbeda dengan mobil taksi dimana dalam sehari dapat mencapai 200 kilometer, sebulan 6000 kilometer maka setahun 72.000 kilometer, maka dalam waktu 3 tahun mobil taksi dapat dijual.
2. Harga jual bekas menjadi turun.
3. Biaya operasional dapat ditekan.
Berikut ini beberapa keuntungan mobil menjadi taksi:
1. Mobil menjadi pasaran.
2. Harga sparepart lebih murah, stock spare part lebih banyak dan mudah didapat.
3. Teknisi semakin banyak.
Ketika sedang membeli mobil bekas taksi, ternyata memiliki masalah kalau tidak tahu. Karena kebanyakan perusahaan taksi yang telah menjual mobilnya biasanya pada odometer sudah mencapai ratusan ribu kilometer, atau secara prinsip sudah tidak layak pakai. Karena mobil memiliki usia pakai sendiri, seperti bola lampu yang dapat dipakai selama 1000 jam maka seperti itu pula sebuah mobil, maka pilihlah mobil dengan kilometer rendah saat hendak membeli mobil.
Perhatikan pula kilometernya biasanya taksi akan mejual mobilnya jika telah menempuh jarak sejauh 300 ribu kilometer. Prinsipnya semakin kecil angka kilometer di odometer maka semakin baik sebuah mobil, selain itu jangan lupa untuk selalu cek mobil dan test drive sebelum membeli. Jika mobil telah menyentuh kilometer diatas 200 ribu harganya akan semakin jeblok, angka kilometer sudah termasuk dalam mobil tua.
Dalam pemakaian normal sehari memakai 20 kilometer maka sebulan bisa mencapai 600 kilometer, maka dalam setahun mencapai 7200 kilometer. Untuk mencapai angka 100 ribu kilometer dibutuhkan waktu selama 14 tahun jika dalam sehari pemakaian untuk ke kantor (20 kilometer). Tapi berbeda dengan mobil taksi dimana dalam sehari dapat mencapai 200 kilometer, sebulan 6000 kilometer maka setahun 72.000 kilometer, maka dalam waktu 3 tahun mobil taksi dapat dijual.
0 comments:
Post a Comment